6 Jenis Furniture yang Wajib Diketahui Sebelum Beli Rumah

Furniture menjadi salah satu perlengkapan rumah yang cukup penting. Namun, untuk memilih furniture yang tepat juga harus menyesuaikan dengan desain rumah agar bisa selaras dan tidak menjadi sempit. Untuk itu, kita perlu memahami jenis furniture agar bisa membeli yang sesuai kebutuhan.

Dalam memilih furniture yang tepat, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan seperti, harga yang harus sesuai budget, jenis konstruksi furniture, dan juga jenis furniture yang sesuai dengan kebutuhan. 

Namun, banyak orang masih asing dengan jenis-jenis furniture sehingga membuatnya jadi asal beli saja. Untuk itu, berikut ini ada 6 jenis furniture yang wajib diketahui. 

Lihat Juga: Jual Rumah di Surabaya

1. Free Standing Furniture

Jenis furniture ini memiliki karakter besar. Untuk itu, ketika memilih karakter furniture ini harus disesuaikan juga dengan kapasitas ruangan di rumah. Lalu, furniture tipe ini cenderung kaku, tidak portable yang bisa dilipat atau bongkar pasang. 

Biasanya, tipe rumah yang cocok untuk menggunakan fitur ini adalah rumah dengan luas bangunan cukup besar. 

Lalu, jenis furniture ini juga tidak cocok untuk rumah yang sifatnya masih sewa atau kontrak. Alasannya, keberadaan furniture ini bisa mempersulitmu saat melakukan pindahan rumah nantinya. 

Jika memiliki konsep rumah minimalis, furniture jenis ini sebaiknya tidak digunakan terlalu banyak. 

Beberapa contoh furniture dengan konsep free standing ini adalah sofa, meja tamu, dan ranjang. 

2. Knockdown Furniture

Jenis furniture ini sangat cocok untuk kamu yang masih ngontrak atau sewa rumah. Soalnya, jenis furniture ini mudah dibongkra pasang sesuai kebutuhan. 

Ciri-ciri karakter knockdown furniture adalah memiliki elemen engsel di setiap bagian tertentu. 

Meskipun begitu, ada beberapa kelemahan dari furniture jenis knockdown ini seperti, butuh waktu lama dalam melakukan bongkar pasang. Bahkan, dalam beberapa kasus butuh keterampilan yang memadai agar bisa memasang knockdown furniture dengan tepat. 

Lalu, engsel bagian furniture yang bisa dibongkar pasang cenderung mudah rusak dan berkarat setelah digunakan dalam waktu lama. 

Beberapa contoh knockdown furniture antara lain, lemari, kitchen set, tempat tidur, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Ide Desain Rumah Sederhana untuk Keluarga Kecil

3. Mobile Furniture

Jenis furniture yang satu ini adalah mudah dipindah-pindah. Perbedaannya dengan knockdown furniture antara lain, proses pemindahannya. Jika knockdown furniture bisa dipindah dengan bongkar pasang, sedangkan furniture mobile bisa dipindah karena memiliki roda. Meski, sejatinya furniture tipe mobile ini juga bisa dibongkar pasang seperti knockdown furniture. 

Salah satu kelemahan mobile furniture adalah terletak pada tingkat keseimbangan yang rendah, lalu komponen roda juga sering rusak dan sulit diperbaiki. Apalagi, jika karakter roda dalam furniture mobile tersebut cukup langka. 

Beberapa contoh mobile furniture antara lain, meja hingga kursi kerja atau komputer.

4. Built in Furniture

Built in furniture menjadi jenis furniture paling rumit dalam proses pembuatannya karena membutuhkan keterampilan yang tinggi. Jenis furniture ini dibuat menempel dengan rumah. Jadi, pembuatannya dilakukan saat melakukan renovasi rumah. 

Sesuai dengan karakternya, kelemahan dari built in furniture adalah tidak bisa dipindah-pindah. Jika ingin dipindah atau ganti harus bongkar rumah. 

Meskipun begitu, banyak juga peminat jenis furniture ini. Alasannya, built in furniture bisa memberikan kesan eksklusif. 

Beberapa built-in furniture antara lain seperti, kitchen set, rak TV permanen di dinding, dan wardrobe atau lemari pakaian.

5. Inflatable Furniture

Inflatable furniture maksudnya adalah jenis furniture yang ukurannya bisa dikecilkan atau dibesarkan. Gampangnya, ketika tidak digunakan, posisinya bisa dikecilkan sehingga tidak menganggu kapasitas ruangan, tapi ketika digunakan bisa dibesarkan dan dioptimalkan fungsinya. 

Jenis furniture ini dianggap menjadi yang terbaik untuk rumah minimalis sehingga luas bangunan bisa tetap t erasa optimal. 

Beberapa inflatable furniture terdiri dari, sofa, spring bed, dan bean bag.

6. Transformable Furniture

Istilah lain jenis furniture ini adalah furniture multifungsi. Jadi, satu furniture itu memiliki banyak fungsi. Misalnya, furniture tempat tidur yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Sehingga satu furniture cukup untuk berbagai kebutuhan dan tidak memakan ruang terlalu banyak. 

Transformable Furniture ini sangat cocok untuk rumah minimalis dan luas bangunan yang terbatas. Soalnya, furniture jenis ini membuat rumah tidak sempit, tapi memiliki furniture yang lengkap. 

Beberapa produk furniture transformable antara lain, sofa yang bisa jadi tempat tidur, mejam makan yang juga bisa menjadi kitchen set, dan lainnya.

Dari keenam jenis furniture itu, mana yang paling cocok dengan selera dan kebutuhanmu?

Lihat Juga: Sewa Rumah di Bogor

Tinggalkan komentar