5 Ide Desain Rumah Sederhana dan Nyaman untuk Keluarga Kecil

Istilah rumahku adalah istanaku sepertinya memang benar adanya. Rumah yang merupakan tempat berlindung dan berkumpul bagi kita menjadi sumber semangat dan kebahagian dikala lelah selesai bekerja. Untuk bisa merasakan kenyamanan yang sempurna, desain rumah harus bisa meningkatkan kenyamanan kamu dan keluarga.

Bagi kamu yang saat ini memiliki keluarga kecil, kamu bisa menciptakan suasana rumah yang sederhana dan nyaman untuk mereka dengan mencoba ide desain rumah sederhana dan nyaman di bawah ini.

Lihat Juga: Sewa Rumah Jakarta Selatan

1. Desain Ruang Terbuka

Rumah sederhana biasanya identik dengan luas tanah dan bangunan yang tidak terlalu besar. Dengan adanya keterbatasan ini, untuk bisa membuat rumah sederhana menjadi nyaman, kamu bisa memanfaatkan konsep desain ruang terbuka.

Desain rumah ini mengaplikasikan konsep open-plan atau ruang terbuka dengan menyatukan dan menghubungkan ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Desain ini akan menimbulkan kesan ruangan yang jadi terlihat lebih luas . Minimnya sekat pada desain open-plan akan menciptakan kedekatan antar anggota keluarga, karena semua aktivitas akan mudah terpantau.

Aturlah ruangan yang dikonsepkan dengan open-plan tetap terlihat selaras antar area yang memiliki fungsi berbeda. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan warna dan mengkombinasikannya supaya tetap terlihat nyaman dipandang mata.

Sebagai tambahan informasi, budget yang dikeluarkan untuk desain ini akan lebih murah karena berkurangnya jumlah sekat yang digunakan. Ini sangat cocok untuk desain rumah sederhana bagi keluarga kecil.

2. Gunakan Warna Bernuansa Lembut

Menggunakan warna bernuansa lembut untuk rumah akan menciptakan suasana yang nyaman dan tenang. Warna yang dikategorikan lembut adalah warna-warna seperti warna pastel, krem, coklat muda, serta abu muda. Jika warna ini digunakan pada ruangan rumah sederhana, maka akan menambah kesan hangat dan nyaman.

Warna-warna ini bisa diterapkan pada dinding, sekat, furniture, dan dekorasi ruangan lainnya. Kombinasikan warna-warna tersebut pada ruangan rumah, sehingga kamu dan keluarga kecil akan merasa nyaman dan betah di ruangan tersebut. Jangan lupa, cocokkan juga warna tersebut dengan pencahayaan rumah.

3. Tambahkan Area Outdoor

Kamu bisa menciptakan area outdoor jika masih memiliki halaman ataupun tanah kosong di belakang rumah. Ini bisa menjadi aset berharga untuk kamu dan keluarga kecil jika kamu pintar mendekorasi area tersebut menjadi tempat yang membawa kenyamanan untuk keluarga.

Manfaatkan area ini untuk dijadikan taman kecil yang bisa dijadikan tempat bermain untuk anak dan tempat bersantai untuk keluarga kecil kamu. Kamu bisa menambahkan ayunan, gazebo kecil, serta kursi dan meja piknik. Tatalah area tersebut menjadi tempat yang menampilkan visual yang membuat mata nyaman dengan menambahkan tanaman hias yang cantik.

4.  Pemanfaatan Ruang Vertikal

Lahan yang terbatas pada rumah sederhana tidak bisa memenuhi kebutuhan tempat untuk menyimpan atau meletakkan barang-barang dan furniture yang dibutuhkan. Opsi yang bisa membantu adalah dengan memanfaatkan ruang vertikal yang ada di rumah.

Dinding kosong bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan dengan menambahkan rak atau kabinet gantung. Dengan adanya tambahan dekorasi tersebut, akan menciptakan tempat baru yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang, seperti peralatan dapur, buku, dan barang-barang penting lainnya.

Baca Juga: Beli Rumah atau Sewa Rumah, Mana Pilihan Paling Terbaik?

5. Fungsionalitas Berbagai Elemen

Memaksimalkan fungsi berbagai elemen pada rumah sederhana sangatlah penting untuk menambah kenyamanan. Dekorasi dan furniture yang kamu gunakan disarankan untuk bisa multifungsi.

Kamu bisa memilih furniture yang tidak hanya memiliki satu fungsi, seperti sofa yang bisa dialihkan menjadi sebuah tempat tidur, meja dan kursi yang bisa dilipat untuk menghemat ruang, dan juga tempat tidur yang memiliki laci atau rak penyimpanan di bawahnya. Dengan begitu, rumah kamu tidak akan terlihat penuh sesak.

Selain itu, menambahkan cermin besar pada dinding juga bisa memberi kesan rumah yang luas dan nyaman. Perhatikan juga pengaturan posisi yang efisien berbagai elemen rumah untuk memaksimalkan penggunaan berbagai ruangan.

Berusaha menciptakan kenyamanan melalui desain rumah sederhana  yang nyaman untuk keluarga kecil memang sebuah tujuan yang patut diapresiasi. Dengan beberapa ide desain yang telah dituangkan di atas, kamu bisa mulai menciptakan hunian impian untuk keluarga kecil kamu.

Lihat Juga: Jual Rumah Bintaro

Tinggalkan komentar