Beli Rumah atau Sewa Rumah, Mana Pilihan Paling Terbaik?

Beli rumah atau sewa rumah menjadi salah satu perdebatan tentang pilihan mana yang terbaik untuk yang belum memiliki rumah. Tidak bisa dipungkiri, baik beli rumah atau sewa rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, untuk tahu mana yang terbaik, balik lagi bagaimana kondisi dan kebutuhan masing-masing. 

Misalnya, ada kamu memiliki mobilitas yang tinggi seperti, pindah-pindah kota setiap 6 bulan sekali, atau yang jiwanya memang nomaden ingin menikmati berbagai daerah. Jika karakter seperti itu jelas sewa rumah menjadi yang terbaik. 

Di sisi lain, ada juga yang tipe orang yang cukup tinggal di satu tempat saja karena ogah pindah-pindah. Tipe yang ini justru lebih cocok untuk beli rumah. 

Di luar itu, banyak sekali tipe-tipe dan kebutuhan yang lebih cocok beli rumah maupun sekadar mengontrak rumah. Untuk mengetahui mana yang lebih cocok untukmu, beli rumah atau sewa rumah, kita akan ulas kelebihan dan kekurangan beli rumah atau sewa rumah di sini.

Kelebihan Beli Rumah

Banyak yang menilai beli rumah secepat mungkin sebelum harganya naik tinggi. Apalagi, supply rumah yang terbatas dan permintaan yang terus naik berpotensi meningkatkan harga rumah ke depannya. Sebelum memutuskan dengan satu asumsi itu, berikut kelebihan dan kekurangan beli rumah yang harus kamu ketahui. 

Lihat Juga: Beli Rumah di Bekasi

1. Jadi Investasi Jangka Panjang

Membeli rumah memang mengeluarkan modal yang besar, tapi dengan begitu kita bisa menambah aset yang punya potensi kenaikan harga di masa depan. Belum lagi, jika kita ingin beli beberapa rumah, salah satunya bisa disewakan dan menjadi tambahan pendapatan pasif untuk kita. Apalagi, dengan membeli rumah, kita bisa mewariskan aset itu juga ke anak cucu.

2. Bebas untuk Melakukan Renovasi dan Desain Sesuka Hati

Dengan membeli rumah, kita juga bisa dengan bebas untuk melakukan renovasi, dekorasi, dan mendesain sesuka hati. Artinya, kita punya keleluasaan untuk membuat rumah menjadi senyaman mungkin. 

3. Punya Kepastian untuk Tempat Tinggal dan Alamat yang Tetap

Dengan membeli rumah, kita punya kepastian tempat tinggal dan alamat yang tetap. Posisi rumah yang tetap itu menguntungkan untuk kamu yang memiliki bisnis di mana membutuhkan alamat tetap. 

Kekurangan Beli Rumah

Di balik kelebihan beli rumah, ada beberapa kekurangan beli rumah yang wajib diketahui: 

1. Biaya Renovasi dan Perawatan Besar

Dengan membeli rumah, berarti kita harus siap untuk mengeluarkan biaya renovasi dan perawatan setiap tahunnya. Pasalnya, bangunan rumah pasti membutuhkan perawatan rutin seperti ada bocor, harus cat ulang, dan lainnya. 

2. Beban Kredit yang Tinggi

Jika membeli rumah dengan mekanisme kredit pemilikan rumah (KPR) jangka panjang, berarti harus menyelesaikan kewajiban kredit dalam jangka panjang. Biasanya, beban kredit jangka panjang menggunakan skema floating rate di mana tingkat suku bunga kredit akan berubah-ubah sesuai dengan kebijakan suku bunga Bank Indonesia. Jika Bank Indonesia menaikkan suku bunga, berarti suku bunga KPR floating juga naik, dan sebaliknya. 

3. Lingkungan Rumah yang Tidak Sesuai Ekspektasi

Salah satu risiko beli rumah lainnya adalah jika lingkungan rumah yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Misalnya, ternyata lingkungannya sepi akibat perumahan yang tidak terlalu laku hingga ternyata susah air dan sebagianya. Jika ingin pindah rumah pun akan sangat menyulitkan karena sudah keluar modal besar untuk beli rumah. 

Baca Juga: 6 Tips Pengajuan KPR Agar Pembiayaan Disetujui Bank

Kelebihan Sewa Rumah

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan beli rumah, kita akan ulas kelebihan dan kekurangan sewa rumah. Agar kita bisa menentukan mana yang terbaik, beli rumah atau sewa rumah. Banyak yang menilai mengontrak rumah seperti menyia-yiakan uang yang dibayarkan kepada pemilik rumah. Padahal, jika uang itu digunakan untuk KPR rumah dianggap lebih menguntungkan. Namun, tidak semua kondisi membuat beli rumah menguntungkan. Berikut ini beberapa kelebihan mengontrak rumah

1. Fleksibel untuk Pindah Rumah

Jika kita adalah orang yang sering berpindah-pindah tempat, mengontrak rumah adalah pilihan yang paling tepat. Selain itu, dengan mengontrak rumah, kita bisa mencari lingkungan rumah yang paling sesuai dengan ekspektasi kita. Sehingga, tinggal di rumah bisa menjadi lebih nyaman. Seperti, lingkungan rumah tidak jauh dari akses perkantoran, dekat dengan fasilitas umum, dan lingkungan tetangga yang sudah terbentuk. 

2. Harga Sewa Lebih Terjangkau

Sewa rumah juga menawarkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beli rumah dengan KPR. Bahkan, beberapa pemilik rumah kerap tidak menaikkan harga sewa demi menjaga penyewa tetap di sana. 

3. Tidak Perlu Memikirkan Biaya Perawatan

Salah satu kelebihan sewa rumah lainnya adalah tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan rutin. Biasanya, perawatan rutin akan diselesaikan oleh pemilik rumah. Jadi, kalau ada masalah dengan rumah seperti bocor dan sebagianya, penyewa tinggal mengontak si pemilik rumah. 

Kekurangan Sewa Rumah

Ada kelebihan, pasti ada juga kekurangannya juga. Berikut ini kekurangan sewa rumah. 

1. Tidak Leluasa Merenovasi dan Desain Rumah Sesuai Keinginan

Dari segala keuntungan sewa rumah, salah satu kekurangannya adalah kita tidak bisa mengatur rumah agar 100 persen sesuai keinginan. Soalnya, pemilik rumah biasanya membuat ketentuan untuk melarang melakukan renovasi dan beberapa dekorasi tertentu. 

2. Melewatkan Kesempatan Investasi Rumah

Dengan mengeluarkan biaya sewa rumah setiap tahunnya, kita akan melewatkan peluang kesempatan investasi rumah. Misalnya, kita bisa mulai investasi rumah dengan harga yang lebih terjangkau, tapi gara-gara pilih sewa rumah kita terpaksa membeli rumah lebih mahal di masa depan. 

3. Biaya Pindahan Rumah yang Besar

Memang, sewa rumah tidak mengeluarkan biaya perawatan rutin rumah. Namun, setiap melakukan pindahan rumah, kita juga akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Semakin sering melakukan pindahan rumah, semakin besar juga biaya yang dikeluarkan. 

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan beli rumah atau sewa rumah ini, mana yang kamu pilih?

Lihat juga: Sewa Rumah di Bogor

Tinggalkan komentar