6 Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Terlihat Luas

Dengan semakin terbatasnya jumlah lahan membuat ukuran luas tanah dan bangunan rumah makin kecil. Hal itu membuat kita harus melakukan efisiensi dalam memanfaatkan luas lahan agar rumah terasa lega dan nyaman, termasuk kamar mandi. Nah, berikut ini cara membuat kamar mandi kecil terlihat luas.

Dalam rumah tipe menengah kecil, kamar mandi sering dijadikan sasaran utama untuk membuat ruangan lainnya terasa besar. Akhirnya, kamar mandi menjadi berukuran kecil. Namun, tenang, kamu bisa membuat kamar mendi kecil itu menjadi terlihat luas. Begini cara membuat kamar mandi kecil terlihat luas.

Lihat Juga: Jual Rumah di Depok

1. Penerangan Cahaya Kamar Mandi Harus Dioptimalkan

Salah satu hal sederhana yang bisa membuat kamar mandi kecil terlihat lebih luas adalah dengan mengoptimalkan pencahayaan. Sumber cahaya bisa didapatkan secara alami dengan jendela dan berbagai hal lainnya. Lalu, juga bisa manfaatkan posisi cahaya buatan seperti dari lampu sehingga membuat kamar mandi terasa lebih luas.

Untuk menggunakan cahaya dari lampu, kamu bisa mengubah perlengkapan lampu menjadi lebih terang atau besar.

Salah satu tips pencahayaan kamar mandi kecil bisa terasa luas adalah dengan memasang lampu di dinding. Sebaiknya, cahaya lampu sejajar dengan mata dan mengarah tepat ke wajah dari arah samping.

Terpenting, hindari meletakkan lampu di lantai kamar mandi atau di atas meja wastafel.

2. Pasang Cermin di Lokasi Strategis Kamar Mandi

Cermin menjadi salah satu yang cara untuk membuat ruangan kecil menjadi terlihat luas. Hal itu juga akan berguna dalam cara membuat kamar mandi kecil terlihat luas.

Jika dikombinasikan dengan pengoptimalan cahaya di kamar mandi, keberadaan cermin akan membuat kamar mandi kecil terlihat lebih luas. Soalnya, sifat cermin adalah memantulkan cahaya dari lampu ke seluruh ruangan.

Untuk mengoptimalkan peran cermin di kamar mandi ini, pilih cermin yang besar dengan gaya modern atau tradisional sesuai dengan selera. Tempatkan.

3. Menggunakan Cat Warna Terang

Tambahan kombinasi cara membuat kamar mandi kecil terlihat luas adalah dengan menggunakan cat berwarna terang dan netral. Beberapa pilihan warnanya antara lain seperti, warna abu-abu, putih, biru muda, abu-abu pucat, dan blush pink.

Warna netral apapun akan membuat ruangan terlihat lebih besar daripada menggunakan warna gelap. Ditambah, dengan pengoptimalan cahaya serta cermin.

Selain warna dinding, lantai kamar mandi juga disarankan menggunakan warna terang dan disamakan dengan warna plafon kamar mandi. Tujuannya untuk membuat kamar mandi terlihat mengkilap dan mempertegas suasana menjadi terlihat lebih luas.

Baca Juga: 10 Jenis Plafon Rumah Mana yang Terbaik?

4. Perhatikan Ukuran Toilet dan Bathtub

Setelah kita mengeset tampilan pencahayaan, cermin, dan warna dinding, lantai, serta plafon. Kini giliran kita atur ukuran toilet, bathtub dan hal lainnya.

Solusinya adalah bisa menggunakan toilet yang berukuran lebih kecil. Lalu, tidak perlu menggunakan bathtub dan bisa diganti menjadi shower.

5. Tidak Perlu Gunakan Tirai Shower

Kamu mungkin ingin mengkonsep kamar mandi yang perfeksionis dengan memisahkan bagian basah untuk mandi dan kering. Salah satu caranya dengan menggunakan tirai shower.

Namun, jika ingin membuat kamar mandi kecil terlihat luas, sebaiknya tidak perlu menggunakan sekat tirai atau kaca. Soalnya, dengan kaca itu pandangan menjadi terbatas. Lalu, keberadaan tirai dan kaca bisa membatasi cahaya yang seharusnya bisa membuat kamar mandi kecil terasa luas.

6. Menata Kamar Mandi Secara Fungsional

Sebagai salah satu dasar untuk membuat luas ruangan bisa lebih efisien adalah dengan menata kamar mandi terlihat fungsional.

Contoh penataan kamar mandi lebih fungsional antara lain, menempatkan gantungan baju yang digabungkan dengan pintu kamar mandi agar tidak terlihat saat pintu dibuka. Lalu, membuat lubang pada kamar mandi dengan kedalaman 5 cm untuk menempatkan sabun, pasta gigi, dan lainnya.

Itu tadi deretan tips cara membuat kamar mandi kecil terlihat luas. Jadi, siap modif kamar mandi agar terlihat luas serta mandi dengan nyaman.

Lihat Juga: Sewa Apartemen Jakarta Pusat

Tinggalkan komentar