Inilah 5 Keuntungan Investasi Tanah yang Harus Kamu Ketahui!

Investasi tanah merupakan salah satu bentuk investasi yang diminati oleh banyak orang tua kita dulu. Hal ini cukup berbeda dengan anak zaman sekarang yang lebih suka melakukan investasi pada saham, kripto, atau investasi likuid lainnya. Padahal, investasi tanah juga memiliki banyak keuntungan loh.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai apa saja keuntungan investasi tanah, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang masih bingung mau investasi di mana.

Lihat Juga: Jual Tanah Bandung

1. Mendapatkan Capital Gain

Keuntungan investasi tanah yang pertama adalah harga yang selalu meningkat setiap tahunnya. Pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin meningkat membuat kebutuhan pada aspek tanah atau lahan juga meningkat.

Hasil dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) yang dilakukan Bank Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan bahwa harga rumah dan tanah semakin mahal dari tahun ke tahun. Jika kamu berinvestasi pada tanah, tentu hal ini akan memberi capital gain yang juga meningkat dari waktu ke waktu.

Dalam dunia investasi, capital gain merupakan keuntungan yang kamu dapat sebagai investor ketika kamu menjual kembali investasi yang kamu miliki.

Peningkatan harga tanah dari tahun ke tahun membuat harga tanah yang menjadi aset kamu juga ikutan naik. Harganya bahkan bisa naik berkali lipat dari modal yang kamu keluarkan di awal. Namun, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, kamu harus cukup sabar untuk waktu yang cukup lama agar nilai tanah kamu lebih meningkat lagi.

2. Perawatan Murah

Poin yang menarik dari investasi tanah adalah tanah tidak memerlukan perawatan yang rumit dan mahal. Bahkan, dengan tidak diurus saja tanah tetap tidak akan mengalami penurunan nilai.

Berbeda dengan investasi pada properti lainnya, kamu tidak perlu memberikan perhatian lebih untuk menghindari kerusakan yang membuat nilainya menjadi turun. Kamu hanya perlu melakukan perawatan sederhana seperti membersihkan rumput dan melakukan pengecekan tanah secara berkala saja.

3. Minim Risiko

Memiliki tanah sebagai bagian dari investasi merupakan suatu pilihan yang bijak jika kamu mencari investasi yang aman. Sebidang tanah tidak memerlukan perawatan yang rumit dan juga tidak memiliki risiko yang besar.

Jika investasi lain seperti rumah, emas, atau kendaraan akan membuat kamu khawatir dengan adanya risiko seperti kebakaran maupun kehilangan. Namun, dengan berinvestasi pada tanah kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal – hal seperti itu.

4. Bisa Dijadikan Lahan Komersial

Keuntungan investasi tanah lainnya yang harus kamu ketahui adalah tanah bisa dijadikan lahan komersial. Tanah bisa dikelola untuk membuka peluang usaha yang menghasilkan keuntungan.

Tanah kosong bisa dimanfaatkan untuk ditanami dengan sayuran, buah, maupun bunga yang bila dipanen hasilnya bisa dijual dan menghasilkan keuntungan buat kamu.

Selain itu, jika kamu memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa membangun properti komersial di atas tanah tersebut seperti kos – kosan, ruko, maupun rukan. Properti – properti tersebut bisa disewakan sehingga menghasilkan passive income yang cukup menjanjikan.

Baca Juga: Cat Rumah Minimalis Terbaik, Berikut 7 Inspirasi Warna Favorit

5. Tidak Mengalami Depresiasi

Bagi yang tidak tahu apa itu depresiasi, depresiasi adalah penyusutan nilai aset. Jika kamu memiliki sebidang tanah, aset ini sangat jarang mengalami depresiasi. Tanah tidak akan mengalami penurunan nilai yang disebabkan oleh beberapa hal seperti kerusakan atau kehilangan.

Investasi tanah merupakan salah satu pilihan terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang. Namun, walaupun investasi tanah memberikan banyak keuntungan, kamu tetap disarankan untuk melakukan riset dan analisa terlebih dahulu sebelum membuat keputusan.

Selain memberikan keuntungan, terdapat juga kekurangan jika berinvestasi pada tanah. Harga tanah tidaklah murah, sehingga investasi ini kurang cocok untuk pemula yang tidak memiliki dana yang cukup besar serta ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat.

Kamu harus memahami juga bahwa tanah bukanlah aset likuid yang bisa dicairkan menjadi uang dalam waktu singkat. Ini bisa menjadi kerugian jika sewaktu – waktu kamu membutuhkan dana cepat, maka aset berupa tanah tidak bisa menjadi solusi.

Demikianlah pembahasan mengenai keuntungan investasi tanah yang harus kamu ketahui. Diharapkan bisa menjadi referensi dan pertimbangan dalam menentukan keputusan untuk berinvestasi.

Lihat Juga: Jual Tanah Jakarta

Tinggalkan komentar