7 Hunian Berkonsep TOD Terbaru di Jabodetabek

Hunian berkonsep TOD makin populer di wilayah Jabodetabek. Apalagi, fasilitas transportasi umum yang menuju Jakarta sudah cukup banyak mulai dari Commuterline, Transjakarta, MRT, dan LRT. Lalu, apa saja hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek?

Hunian berkonsep TOD ini memang memiliki beberapa kelebihan seperti, dekat dengan fasilitas umum seperti, sarana transportasi umum, area komersial, ruang terbuka hijau, dan lainnya. Dengan begitu, penghuni kawasan berkonsep TOD ini bisa melakukan aktivitas cukup dengan berjalan kaki kecuali jika ingin berpergian ke luar kota. 

Untuk saat ini, beberapa hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek itu rata-rata terintegrasi dengan transportasi umum LRT, MRT, Commuterline, hingga TransJakarta.

Berikut ini, ada sekitar 7 hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek. 

Lihat Juga: Jual Apartemen di Jakarta Barat

1. Apartemen LRT City Jatibening

LRT city jatibening

Apartemen LRT City Jatibening adalah hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek yang berada di kawasan Jatibening, Pondok Gede, Bekasi.

Apartemen LRT City Jatibening memiliki beberapa fasilitas seperti keamanan 24 jam, Coworking space, private garden, kolam renang, ruang serba guna, playground anak, floating market, gym, area komersial, dan ruang terbuka hijau Sunken Garden yang juga bisa jadi area jogging track.

Kelebihan dari apartemen LRT City Jatibening ini adalah terintegrasi dengan Stasiun LRT Jatibening baru. Sehingga, jika ingin ke Jakarta bisa menggunakan LRT. 

Apartemen LRT City Jatibening ini sudah mencatatkan penjualan tahap pertama dengan hasil 100% sold out untuk tower Accordion dan 90% penjualan untuk Tower Bando. 

Rencananya, LRT City Jatibening akan menyiapkan pembangunan tahap kedua. Menariknya, jika di konsep tahap pertama, LRT City Jatibening hanya menawarkan tiga tipe, yakni studio, 1 kamar tidur, dan 2 kamar tidur. 

Nantinya, di pembangunan tahap kedua, LRT City Jatibening bakal menawarkan tipe unit baru seperti, 3 kamar tidur dan tipe unggulan loft di mana apartemen tipe ini memiliki dua lantai. 

2. Cisauk Point

Cisauk point

Cisauk Point menjadi salah satu hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek, tepatnya berada di wilayah Cisauk, Kabupaten Tangerang. 

Cisauk Point menjadi salah satu hunian TOD yang dikembangkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sinergi dua BUMN ini menghasilkan satu kawasan hunian dan komersial yang terintegrasi langsung dengan stasiun Commuterline Cisauk. 

Apartemen Cisauk Point ini memiliki beberapa fasilitas seperti cafetaria, fitness area, jogging track, coworking space, dan akses ke stasiun Commuterline. Selain itu, wilayah apartemennya juga dekat dengan Aeon Mall BSD, ICE BSD, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Atmajaya, dan Pasar Modern Intermoda.

Rencananya, apartemen Cisauk Point ini berencana menawarkan dua tipe apartemen, yakni studio dengan 1 kamar tidur.

3. LRT City Sentul

LRT City Sentul

LRT City Sentul menjadi salah satu hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek kawasan Sentul, Bogor. Kawasan LRT City Sentul ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. 

Fasilitas LRT City Sentul ini memiliki kolam renang dengan tipe infinity pool, kafe tematik, ruang terbuka hijau forest skywalk, coworking space, Ramp garden, track sepeda, hotel, rumah sakit, area komersial, jogging track, glamping pods, arena basket, urban farming, perkantoran, dan kuliner jalanan. 

Selain itu, LRT City Sentul ini juga dekat dengan AEON mall Sentul, Gunung Pancar, Jungleland Adventure Theme Park, Sentul International COnvention Center, Universitas Trisakti Sentul, Exit Toll Sentul Selatan, Rumah sakit EMC Sentul,Insan Cendekia Sentul, Sentul International Circuit, STEI Tazkia, dan Exit Toll Sirkuit Sentul. 

Ditambah, LRT City Sentul juga terintegrasi dengan Stasiun LRT Sentul yang memudahkan akses untuk menuju DKI Jakarta.

Apartemen LRT City Sentul ini menawarkan tiga tipe apartemen, yakni, Studio, 1 Kamar Tidur, dan 2 Kamar Tidur. Selain itu, area LRT City Sentul ini juga menawarkan kawasan rumah tapak dengan nama Kayana. 

Rumah tapak ini memiliki luas tanah 72 meter persegi dengan luas bangunan 36 meter persegi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 taman di dalam, dan 1 tanah kosong di belakang. 

Dikutip dari Instagram resminya, LRT City Sentul menawarkan harga hunian mulai Rp500 juta.

4. LRT City Bekasi Eastern Green

LRT City Bekasi Eastern Green

LRT City Bekasi Eastern Green menjadi hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek di daerah Bekasi. Eastern Green menawarkan hunian mixed use yang membuat penghuninya seperti tinggal di hotel berbintang. Apalagi, ditambah dengan teknologi Smart Home yang membuat kita bisa mengendalikan hunian lewat genggaman tangan. 

Beberapa fasilitas Eastern Green antara lain, Smart Home, akses kartu, kolam renang, keamanan dan CCTV 24 jam, gym, Uptown Garden, Green Edge Plaza, Green Riverside, . 

LRT City Bekasi Eastern Green juga terintegrasi dengan Stasiun LRT Jatimulya, Pintu Tol Bekasi Timur, Green Avenue, Stasiun Commuterline Bekasi Tmur, dan dekat dengan renana perpanjangan tol Becakayu. 

LRT City Bekas Eastern Green menawarkan tiga tipe apartemen, yakni Green 1A untuk 1 kamar tidur, Green 2A untuk 2 kamar tidur, dan tipe studio. 

Baca Juga: Mengenal Konsep TOD dan Alasan Kenapa Harus Memilikinya

5. LRT City Bekasi Green Avenue

LRT City Bekasi Green Avenue

LRT City Bekasi Green Avenue menjadi salah satu hunian berkonsep TOD lainnya di Bekasi. Green Avenue juga terintegrasi langsung ke stasiun LRT Jatimulya, dekat dengan titik keberangkatan Trans Jakarta, dan hanya 0 Km dari Exit Tol Bekasi Timur. 

LRT City Bekasi Green Avenue memiliki cukup fasilitas seperti, kolam renang, aqua gym, co-working space, plaza komunitas, area komersial, Alfresco Dinning, playground anak, area bbq, track untuk jogging dan sepeda, keamanan, Shuttle Bus Transjakarta, dan Shuttle Bus TransPatriot Bekasi. 

Green Avenue juga menawarkan tiga tipe apartemen, yakni 1 kamar tidur, 2 kamar tidur, dan studio. Tipe 1 kamar tidur memiliki luas 34-38 meter persegi, tipe 2 kamar tidur memiliki luas ruangan 48 – 50 meter persegi, dan tipe studio 24-27 meter persegi.

6. Oase Park

Oase park ciputat

Oase Park adalah hunian berkonsep TOD di Jabodetabek yang berada di daerah Ciputat, Tangerang Selatan. Kawasan ini memiliki 4 tower apartemen, Mall, Serenity Park, dan Pool Transjakarta Ciputat, dan berjarak 300 meter dari pintu tol Pamulang. Lalu, apartemen ini juga memiliki fasilitas shuttle bus Ciputat – MRT Lebak Bulus. 

Untuk fasilitas lainnya, Oase Park memiliki Masjid, kolam renang berkonsep infinity pool dengan pemandangan danau, lintasan jogging, keamanan 24 jam, ruang bersama, dan teater danau. 

Oase park menawarkan tiga tipe ruangan, yakni studio, 1 kamar tidur, dan 2 kamar tidur. Untuk ukuran ruangan, tips studio memiliki luas 21 meter persegi, 1 kamar tidur seluas 28,5 meter persegi, dan 2 kamar tidur seluas 43 kamar tidur. 

7. LRT Adhi City Sentul

Adhi City Sentul

Jika hunian berkonsep TOD di Jabodetabek yang sudah disebutkan rata-rata apartemen, kali ini ada salah satu hunian berkonsep TOD dengan bentuk rumah tapak. Perumahan Adhi City Sentul ini dikembangkan oleh PT Adhi Commuter Properti Tbk. yang berada di kawasan KM 33 Tol Jagorawi dengan luas lahan 120 hektar.

Adhi City Sentul ini memiliki visi sebagai integrated future city di mana ada integrasi antara cluster rumah tapak dan hunian low rise vertical, pusat bisnis dan finansial, fasilitas sosial dan leisure di dekat alam, serta infrastruktur transportasi umum yang terintegrasi. 

Untuk tahap pertama, Adhi City Sentuil menyediakan hunian modern bernuansa alam dengan konsep minimalist dan Villa house. 

Beberapa fasilitas yang tersedia di Adhi City Sentul antara lain, 0 kilometer ke Stasiun LRT Sentul, 0 km ke Pintu Toll  Sirkuit Sentul, Smart City, Area Komersial, Clubhouse and plaza, pemandangan alam, organic walkways, riverside view point, rumah sakit, sekolah, masjid, jalur sepeda, sport park and hill, taman bermain, pasar modern, little venice, dan intermodal shuttle. 

Adhi City Sentul menawarkan sembilan tipe rumah. 

  1. Tipe 30 dengan luas tanah 60 meter persegi dan dua kamar tidur. 
  2. tipe 36 dengan luas tanah 72 meter persegi dan dua kamar tidur.
  3. tipe 45 dengan luas tanah 72 meter persegi dan dua kamar tidur.
  4. tipe 40 dengan luas tanah 60 meter persegi dan dua kamar tidur. 
  5. tipe 50 dengan luas tanah 50 meter persegi dan 3 kamar tidur. 
  6. tipe 70 dengan luas tanah 60 meter persegi dan 4 kamar tidur. 
  7. tipe 60 dengan luas tanah 90 meter persegi dan 2 kamar tidur. 
  8. tipe 70 dengan luas tanah 120 meter persegi dan 3 kamar tidur. 
  9. tipe 125 dengan luas tanah 120 meter persegi dan 3 kamar tidur.

Nah, dari 7 hunian berkonsep TOD terbaru di Jabodetabek itu, mana yang paling menarik perhatianmu?

Lihat Juga: Jual Apartemen di Jakarta Utara

Tinggalkan komentar