10 Ciri-ciri Rumah Minimalis Sederhana

Tren desain rumah minimalis sederhana masih menjadi pilihan populer masyarakat saat ini. Jenis desain rumah minimalis disebut bisa mengoptimalkan luas tanah dan bangunan sehingga membuat pemiliknya bisa nyaman tinggal di sana. 

Dengan popularitas itu, banyak pengembang properti yang menawarkan desain rumah minimalis sederhana. Dalam catatan di sini, rumah minimalis sederhana merujuk kepada rumah dengan tipe ukuran luas bangunan kecil, tapi bisa dioptimalkan sehingga tetap terasa nyaman. 

Baca juga: 8 Jenis Tipe  Rumah yang Wajib Dipahami

Masalahnya, seperti apa sebenarnya ciri-ciri rumah yang minimalis sederhana? berikut ini ada 10 ciri-ciri desain rumah minimalis sederhana yang wajib kamu ketahui.

1. Material Sederhana, tapi Berkualitas

Salah satu ciri dari desain rumah minimalis sederhana adalah menggunakan material dan ornamen yang sederhana, tapi bahan berkualitas terbaik. Material dan ornamen sederhana di sini maksudnya, desain rumah minimalis hanya akan menggunakan satu jenis material dan tidak terlalu banyak ornamen. 

Misalnya, ingin ornamen hanya dari kayu jati dan sebagainya, berarti ya menggunakan satu material dan ornamen saja. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan lebih murah dan kualitas yang didapatkan tetap yang terbaik. 

Ornamen dekorasi untuk desain rumah minimalis yang digunakan juga tergantung fungsinya. Jika ornamen dekorasi tidak memiliki fungsi, berarti itu tidak termasuk desain rumah yang minimalis. 

2. Bangunan Rumah Berbentuk Geometris

Rumah dengan desain minimalis sederhana akan berbentuk geometris. Maksudnya geometris di sini adalah desain rumah akan berbentuk kubus, persegi panjang, atau segitiga. Dengan desain berbentuk geometris memberikan kesan desain rumah yang kokoh. 

Meskipun begitu, desain rumah minimalis sederhana dengan bentuk geometris kini tak sekadar seperti kubus, persegi panjang, atau segitiga, tetapi juga ada bentuk lainnya seperti, ketupat, trapesium, dan sebagainya. Jadi desain rumah geometris juga bisa menyesuaikan bentuk geometris lainnya. 

3. Tidak Memiliki Terlalu Banyak Sekat

Salah satu kelebihan rumah minimalis sederhana adalah dengan luas bangunan terbatas, tapi rumah tetap terasa lega. Salah satu kunci desainnya karena tidak terlalu banyak membuat sekat-sekat di dalam rumah. 

Biasanya, sekat-sekat dalam rumah minimalis dibuat untuk daerah-daerah pribadi seperti kamar tidur hingga kamar mandi. Lalu, ruang tamu, tengah, dan dapur biasanya tanpa sekat. Paling hanya dipisahkan oleh furniture yang ada di rumah sebagai tanda. 

Lihat Juga: Jual Rumah di Bekasi

4. Mengoptimalkan Fungsi Jendela

Desain rumah minimalis sederhana juga fokus untuk mengoptimalkan fungsi jendela. Salah satu fungsi jendela adalah memberikan pencahayaan hingga untuk ventilasi udara. 

Jadi, dalam desain rumah minimalis sederhana, fungsi jendela akan membantu penerangan di pagi hingga sore hari, serta mengoptimalkan pergantian udara di dalam rumah. Sehingga rata-rata desain rumah minimalis sederhana memiliki jendela yang cukup besar. Dengan begitu, pemilik rumah bisa lebih hemat pencahayaan. Adapun, jendela yang lebih besar juga mampu menjaga kelembaban udara karena suhu udara di dalam rumah bisa terjaga dengan baik. 

5. Tata Ruang Rumah Sangat Sederhana

Salah satu ciri utama desain rumah minimalis sederhana adalah tata ruang yang sederhana, polos, dan efisien. Biasanya, rumah minimalis juga menawarkan volume ruang bertingkat untuk mengoptimalkan luas bangunan. 

Bentuk desain sederhana tanpa sekat dikombinasikan dengan tempat penyimpanan seperti rak dan lemari yang sederhana membuat rumah menjadi terasa lebih luas. 

Inti dari desain rumah minimalis sederhana adalah keleluasaan pandangan saat berada di dalam rumah.

6. Memilih Furniture yang Sederhana

Konsep dasar desain rumah minimalis sederhana adalah mengoptimalkan ruang sehingga rumah terasa luas. Untuk itu, desain rumah ini cocoknya menggunakan furniture khusus yang menunjang konsep minimalis. 

Contohnya, di ruang keluarga hanya akan tersedia perabot penting seperti, sofa dan meja. Bentuknya pun tidak terlalu besar dan minim dekorasi. 

Jadi, furniture yang ada dalam rumah minimalis sederhana hanya yang memiliki fungsi dan tidak terlalu memakan tempat. 

7. Warna Dinding Bersih dengan Eksterior Sederhana

Dinding rumah minimalis sederhana cenderung berwarna polos yang netral. Beberapa contoh warna yang sering digunakandi di rumah minimalis sederhana adalah putih atau abu-abu. 

Konon, warna netral seperti putih dan abu-abu itu memberikan kesan modern dan elegan. 

Lalu, eksterior rumah minimalis sederhana juga tidak terlalu banyak dan bentuknya cenderung sederhana seperti, garis tegak atau malah tanpa dekorasi sama sekali.

8. Dilengkapi Taman Minimalis

Meski ukuran rumah minimalis sederhana, biasanya tetap akan disediakan sebuah taman minimalis yang juga sederhana di dalam rumah. Keberadaan taman minimalis itu sebenarnya mirip dengan fungsi jenis jendela yang cenderung besar, yakni untuk memperbanyak cahaya matahari masuk sehingga suhu udara di rumah bisa terjaga kelembabannya. 

Bahkan, beberapa desain rumah minimalis sederhana juga ada kolam ikan kecil. Tujuannya, kolam ikan kecil itu bisa mengeluarkan suara gemercik air yang membuat pemilik rumah semakin betah untuk tidak keluar dan bersantai di rumahnya. 

9. Strategi Menggunakan Cermin Besar

Salah satu yang membuat persepsi kita terhadap bangunan sempit menjadi luas adalah penggunaan cermin. Dengan bayangan yang memantul ke cermin itu, rumah kita akan terlihat lebih luas sehingga bisa membuat rileks. Beberapa tempat untuk peletakkan cermin antara lain, ruang keluarga hingga kamar tidur.  

10. Menggunakan Atap dan Langit-langit yang Tinggi

Dengan langit-langit yang tinggi, rumah minimalis sederhana akan makin terlihat luas. Selain itu, atap yang tinggi juga membuat suhu udara di rumah lebih sejuk. Hal itu akan dikombinasikan dengan jendela yang besar serta taman minimalis yang tersedia dalam desain rumah tersebut. 

Itulah tadi 10 ciri-ciri desain rumah minimalis sederhana. Jadi, ketika kita membeli rumah, kita bisa memahami desainnya, apakah sudah didesain secara minimalis sederhana atau masih butuh renovasi agar sesuai ekspektasi.

Lihat Juga: Jual Rumah di Tangerang

Tinggalkan komentar