Pahami 8 Jenis Ukuran Tipe Rumah yang Wajib Dipahami

Ketika berencana ingin membeli rumah, pertanyaan selanjutnya adalah mau rumah dengan tipe berapa? Secara umum masih banyak yang bingung, sebaiknya beli rumah tipe berapa yang terbaik. Bahkan, masih ada yang tidak paham apa arti ukuran tipe rumah tersebut? 

Angka tipe rumah seperti tipe 21, 36, 45, 70, hingga 120 itu menunjukkan luas bangunan rumah tersebut. Semakin besar angkanya, berarti semakin luas bangunannya yang artinya harga juga semakin mahal. 

Lalu, bagaimana gambaran bentuk rumah dengan hanya cukup tahu dari ukuran tipe rumah? berikut ini akan diulas 8 ukuran tipe rumah yang wajib kita ketahui.

1. Rumah Tipe 21

Rumah tipe 21 adalah jenis ukuran rumah yang paling kecil. Biasanya, rumah-rumah tipe 21 mengarah kepada rumah subsidi pemerintah. Sesuai dengan angka luas bangunannya, berarti ukuran rumah ini sekitar 3 meter dikali 7 meter.

Selain itu, ada beberapa ukuran lainnya untuk rumah tipe 21 seperti, 5,25 meter kali empat meter dan 6 kali 3,5 meter. 

Rumah tipe 21 biasanya memiliki 2 kamar tidur,1 kamar mandi, dan dapur yang biasanya terpisah di halaman belakang. Namun, ada juga rumah ukuran tipe 21 yang hanya punya 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan dapur. Perbedaannya adalah penyediaan luas kamar antara yang 1 kamar dengan 2 kamar. 

Rumah tipe 21 ini sangat cocok untuk keluarga kecil, atau pasangan baru menikah, maupun yang masih sendiri. Soalnya, rumah tipe 21 ukurannya cukup mungil sehingga untuk membersihkannya tidak perlu tenaga ekstra keras.

2. Rumah Tipe 24

Sebenarnya, rumah tipe 24 ini adalah modifikasi dari rumah tipe 21. Bedanya, dengan luas bangunan 24 meter persegi, berarti ukuran rumah ini sekitar 4 meter kali 6 meter. Meski, kalau dilihat, sebenarnya perbedaan antara rumah tipe 24 dengan 21 adalah ukuran bangunan yang sedikit lebih lebar. Sehingga, membuat ukuran rumah menjadi 4 meter kali 6 meter. 

Jika rumah tipe 21 punya beberapa jenis luas bangunannya, untnuk rumah tipe 24 hanya tersedia di ukuran 4 meter kali 6 meter. 

Sebenarnya, secara umum rumah tipe 24 ini juga termasuk jenis rumah kecil dan cocok untuk keluarga kecil. Tidak ada perbedaan signifikan antara ukuran rumah tipe 21 karena luas keduanya hampir mirip. Untuk itu, tipe rumah ini cocok untuk keluarga kecil maupun yang belum berkeluarga.

Biasanya, harga rumah tipe 21 dengan 24 juga tidak berbeda jauh, bahkan di beberapa tempat justru harganya sama.

Lihat Juga: Jual Rumah di Tangerang

3. Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 sering dianggap salah satu ciri-ciri rumah yang cukup besar. Dengan luas 36 meter persegi, berarti ukuran rumahnya sekitar 6 meter kali 6 meter. Biasanya, rumah tipe 36 ini sering dipadukan dengan luas tanah 60 meter persegi hingga 72 meter persegi. 

Untuk itu, ketike melihat brosur penawaran rumah, kita akan melihat ada tipe rumah 36/60 atau 36/72. Angka itu artinya, rumah itu memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas tanah 60 meter persegi hingga 72 meter persegi.

Biasanya, template rumah tipe 36 itu memiliki 2 kamar yang cukup luas, 1 kamar mandi, 1 dapur, dan halaman belakang dan teras depan yang cukup luas. 

Rumah tipe 36 bisa dibilang salah satu yang ideal untuk keluarga. Soalnya, tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.

4. Rumah Tipe 45

Rumah tipe 45 juga menjadi salah satu tipe rumah ideal untuk keluarga setelah tipe rumah 36. Pasalnya, luas bangunan rumah ini cukup lega, tapi tidak terlalu besar. Sehingga penataan peralatan hingga dekorasi rumah bisa diatur dengan cukup fleksibel. 

Rumah tipe ini memiliki ukuran sekitar 6 meter kali 7,5 meter. Rumah ini bisa dibilang sudah cukup lengkap. jika satu lantai, berarti rumah ini akan berisi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, 1 dapur, dan luas tanah belakang hingga teras depan juga masih cukup luas.

Baca juga: Cara Bisa Beli Rumah Sebelum Usia 25 tahun

5. Rumah Tipe 54

Rumah tipe 54 sudah termasuk golongan rumah besar. Dengan luas bangunan 54 meter persegi, biasanya dikolaborasikan dengan luas tanah sekitar 120 meter persegi. Dimensi rumahnya pun sekitar 9 meter kali 6 meter dan 13,5 meter kali 4 meter. 

Dengan luas bangunan 54 meter persegi, rumah tipe ini sudah bisa memiliki 3 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, 1 kamar mandi, dan 1 dapur. 

Berhubung luas bangunan ini cukup luas, kelompok rumah ini dikategorikan untuk pasar menengah ke atas.

6. Rumah Tiipe 60

Rumah tipe 60 ini juga sudah tergolong rumah besar. Dengan luas 60 meter persegi, rumah tipe ini punya dimensi 6 meter dikali 10 meter. Biasanya, rumah tipe ini sering dibangun bertingkat atau 2 lantai karena memang mengejar target market menengah ke atas. 

Dengan dibangun bertingkat, rumah tipe 60 ini bisa memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 dapur, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, dan sisanya luas tanah belakang dan teras masih cukup besar.

7. Rumah Tipe 70

Rumah tipe 70 juga terhitung sangat besar nih. Dengan luas 70 meter persegi berarti dimensi rumah sekitar 7 meter dikali 10 meter. Seperti dengan rumah tipe 60, rumah tipe ini dibangun dengan mode dua lantai

Untuk rumah tipe ini, kita bisa merenovasi menjadi 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, 1 taman kecil, dan 1 dapur. 

Rumah ini sudah termasuk ukuran besar sehingga harganya jelas jauh lebih mahal daripada rumah tipe 21, 24, dan 36.

8. Rumah Tipe 120

Rumah tipe 120 adalah salah tipe yang terbesar, meski setelahnya akan ada tipe di atas 120 yang sudah tidak terdekripsikan lagi angka luas bangunannya.

Dengan luas bangunan 120 meter persegi, rumah ini bisa memiliki sekitar 3-4 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, dan sisanya dapur. 

Masalahnya dengan adanya keterbatasan lahan, terutama di Jakarta. Rumah tipe 120 ini hanya tersisa sedikit, seperti kavling-kavling di perumahan yang belum laku atau akan dijual. Selain itu, rumah tipe besar ini juga sering dijadikan area perkantoran. 

Tips Memilih Ukuran Tipe Rumah yang Sesuai

Jika ditanya, kamu mau rumah yang mana? pasti kebanyakan ingin memiliki rumah dengan ukuran yang paling besar. Alasannya, dengan rumah yang besar berarti lebih luas dan enak untuk melakukan aktivitas apapun di rumah.

Namun, faktanya, ukuran tipe rumah yang terbaik adalah sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, kita adalah keluarga kecil yang terdiri dari kita, istri, dan anak. Berarti rumah tipe 21,24, atau 36 sudah cocok. Alasannya, untuk bersih-bersihnya tidak lelah karena ukuran rumah sesuai dengan jumlah orang yang ada di dalamnya.

Lalu, bagaimana cara memilih ukuran tipe rumah yang sesuai?

  • Pahami kebutuhan ukuran tipe rumah dari jumlah keluarga yang ada.
  • Sesuaikan pembelian ukuran tipe rumah sesuai dengan budget pembelian rumah yang sudah direncanakan
  • Tentukan rencanamu setelah membeli rumah seperti rencana renovasi hingga penentuan komponen-komponen yang ada di dalam rumah sehingga kita bisa membeli rumah dengan ukuran tipe yang tepat sesuai dengan rencana membuat renovasi menjadi dua lantai dan sebagainya.

Jadi, mana nih ukuran tipe rumah yang menjadi idamanmu serta sesuai kantong?

Lihat juga: Jual Apartemen di Jakarta Selatan

Tinggalkan komentar