Cinere: Kawasan Hunian Nyaman di Depok


Cinere adalah sebuah kecamatan di Kota Depok, Jawa Barat, yang dulunya dikenal dengan nama Tjikanyere atau Tjingerek. Kecamatan ini memiliki pusat pemerintahan di sebuah kelurahan yang juga bernama Cinere. Kecamatan Cinere memiliki lokasi yang strategis, berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan sampai ia terkadang dianggap sebagai bagian dari ibu kota negara tersebut. Dengan aksesnya yang sangat mudah ke Jakarta serta fasilitas umumnya yang lengkap, tak heran bila Cinere dipandang sebagai sebuah kawasan hunian idaman dan semakin lama makin banyak orang mencari rumah dijual di Cinere. Kepopuleran wilayah ini semakin bertambah sejak tahun 1994 berkat penayangan Si Doel Anak Sekolahan, sebuah sinetron di mana Rano Karno sebagai bintang utamanya diceritakan sebagai pengemudi oplet dengan rute Cinere-Gandul.

Pada era pemerintahan kolonial Belanda, Cinere adalah sebuah tanah partikelir yang menjadi bagian dari kawasan Pondok Cina. Pasca kemerdekaan, Depok diserahkan kepada negara dan berdiri secara resmi pada tahun 1999, dengan Cinere sebagai bagian dari wilayah Kecamatan Limo. Adalah Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 8 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kecamatan di Kota Depok lah yang kemudian menyatakan Cinere sebagai sebuah kecamatan tersendiri.

Sekarang Kecamatan Cinere merupakan salah satu dari 11 kecamatan yang termasuk dalam wilayah Kota Depok. Kecamatan Cinere sendiri memiliki empat kelurahan yaitu Kelurahan Cinere, Kelurahan Pangkalanjati Baru, Kelurahan Pangkalan Jati, dan Kelurahan Gandul. Secara administratif Kecamatan Cinere berbatasan dengan sejumlah daerah, antara lain dengan Pasar Minggu dan Cilandak.

Akses dan Transportasi

Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam memilih lokasi hunian adalah adanya akses yang mudah dan ketersediaan sarana transportasi yang memadai. Cinere memiliki keunggulan dengan adanya Jalan Tol Cimanggis – Cibitung, Cinere – Jagorawi, Cinere – Serpong, dan Cimanggis – Cinere, yang kesemuanya tentu sangat mendukung mobilitas warga dalam perjalanan ke maupun dari area Jabodetabek.

Baca juga: Rekomendasi Hunian di BSD City

Kendaraan umum juga tersedia dalam berbagai moda di Cinere. Layanan commuter line dapat Anda manfaatkan dari Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Lenteng Agung, sementara stasiun terdekat untuk menggunakan layanan MRT adalah Stasiun Lebak Bulus. Anda juga dapat menikmati layanan bus TransJakarta, antara lain dari halte Cinere Bellevue.

Kawasan Cinere tentunya juga memiliki layanan angkot. Terdapat sejumlah trayek angkot yang melintas di kawasan ini, dengan mana Anda dapat menjangkau berbagai tujuan antara lain Pangkalan Jati, Pasar Minggu, Pondok Labu, Fatmawati, Mampang, Grogol, Dewi Sartika, dan Margonda.

Fasilitas Umum

Cinere juga telah memiliki fasilitas publik yang lengkap sehingga Anda tak perlu bepergian terlalu jauh untuk memperoleh berbagai produk maupun layanan. Untuk keperluan belanja misalnya, salah satu destinasi andalan warga kawasan ini adalah Mall Cinere yang memiliki banyak tenant populer seperti Giant, Superindo, Dunkin Donuts, Bread Talk, Optik Melawai, Gunung Agung, Inul Vizta, dan Posh Boy. Alternatifnya, Anda juga dapat berbelanja di Cinere Bellevue Mall yang berada di Jalan Merawan.

Anda juga tak perlu risau mengenai fasilitas kesehatan. Apabila suatu saat dibutuhkan, Anda dapat dengan mudah mendapatkan layanan medis berkat adanya sejumlah penyedia layanan kesehatan di Cinere antara lain Rumah Sakit Siloam Jantung Diagram di Jalan Cinere Raya Nomor 19 dan Rumah Sakit Puri Cinere di Jalan Maribaya Nomor 1.

Wisata

Selepas bekerja Anda tentu juga memerlukan refreshing. Cinere memiliki banyak destinasi yang dapat Anda tuju untuk berwisata bersama teman-teman atau keluarga tercinta antara lain Taman Garuda. Tempat ini cukup unik karena sejatinya adalah sebuah rumah pribadi yang oleh pemiliknya dibuka untuk umum. Taman Garuda berlokasi di Jalan Garuda Nomor 2, dan menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam renang dewasa, kolam renang anak, mini soccer, area bermain untuk anak, pusat kebugaran, dan kafe.

Tujuan wisata populer lainnya adalah Arthayasa Stables and Country Club yang beralamat di Jalan Artayasa Nomor 14. Di tempat ini Anda dapat melakukan berbagai hal rekreatif antara lain latihan menunggang kuda, field trip, melihat pelatihan kuda, atau sekadar bersantai sambil menikmati beragam menu di kafenya.

Hunian di Cinere

Cinere dikenal sebagai salah satu kawasan dengan pertumbuhan harga properti yang terus meningkat, dengan rata-rata kenaikan sekitar 3% setiap tahunnya. Tingginya potensi Cinere sebagai kawasan hunian tentu mendorong tumbuh pesatnya industri properti di kawasan ini, antara lain terlihat dengan berdirinya berbagai perumahan seperti Niko Residence Cinere, Cinere Parkview, dan Green Andara Residence. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mempertimbangkan hunian di Cilandak atau meninjau iklan jual rumah di Pasar Minggu.

Tinggalkan komentar