Rekomendasi Hunian di BSD: Big City dengan Big Opportunity

Bumi Serpong Damai atau yang umum dikenal dengan sebutan BSD adalah sebuah kota mandiri terencana yang berada di Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Dimulai pembangunannya dengan peletakan batu pertama pada tanggal 16 Januari tahun 1989, Ciputra selaku pengembang membangun kawasan ini sebagai sebuah kota mandiri dengan menyediakan semua fasilitas hidup mulai dari perkantoran, perbelanjaan, pendidikan, kesehatan, perniagaan, sampai hiburan, sehingga praktis penduduk tidak perlu pergi keluar dari area BSD untuk memperoleh berbagai kebutuhan, bekerja, dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari lainnya. Kemudahan dan kenyamanan yang ada mendorong tingginya demand atas rumah dijual di BSD, yang dijawab dengan tumbuh suburnya industri properti di kawasan ini.

Pembangunan mega project BSD tidak dilakukan sendirian oleh Ciputra. Dibentuklah sebuah konsorsium yang terdiri dari 11 perusahaan antara lain Pembangunan Jaya, Salim, Sinar Mas, dan Metropolitan. Dalam perjalanannya, pada tahun 2003 – 2004 terjadi peralihan kepemilikan sampai kemudian Bumi Serpong Damai diambil alih oleh Sinar Mas Group sampai saat ini.

Sebagai sebuah proyek kota mandiri dengan area yang terluas di Indonesia, BSD City memang tidak main-main. Dengan total lahan seluas 6,000 hektar kawasan ini memiliki pusat-pusat perbelanjaan berkelas seperti AEON Mall, BSD Junction, BSD Plaza, ITC BSD, dan Teras Kota. Berbagai macam hiburan dapat Anda temukan dengan mudah di BSD, antara lain Ocean Park Water Adventure yang dengan luas 7,5 hektar digadang-gadang sebagai salah satu water park yang paling besar di Asia Tenggara. Di kawasan ini juga terdapat empat taman, BINUS School, German School, Universitas Prasetiya Mulya, Sinar Mas Academy, Rumah Sakit Medika, dan Rumah Sakit Eka Hospital.

Seluruh fasilitas dan kenyamanan tinggal di kawasan ini turut didukung dengan aksesnya yang sangat mudah. BSD City memiliki empat akses jalan tol yaitu Jalan Tol Jakarta – Tangerang, Jalan Tol Ulujami – Serpong, Jalan Tol Kunciran – Serpong, dan Jalan Tol Serpong – Balaraja.

Lihat juga: Jual Apartemen di BSD City

Layanan transportasi umum juga dapat diperoleh dengan mudah antara lain berkat adanya Intermoda BSD City, sebuah area yang menjadi pusat layanan transportasi publik di kota mandiri ini. Berbagai layanan transportasi umum yang dapat dimanfaatkan oleh warga BSD antara lain Bus Trans BSD, Bus BSD Link, Trans Jakarta, angkot, KRL Commuter Line (dari Stasiun Rawa Buntu, Stasiun Serpong, dan Stasiun Cisauk), serta nantinya akan tersedia juga layanan MRT dengan dua stasiun di Rawa Buntu dan di area perempatan golf BSD City. Warga BSD yang sering menggunakan moda transportasi udara juga dapat menuju bandara dengan mudah antara lain dengan memanfaatkan layanan Bus Lorena Bandara, Bus Damri, dan Kereta Bandara.

Sampai saat ini tercatat bahwa BSD memiliki 39 cluster perumahan. Sebagai bagian dari kota terencana besutan pengembang handal, klaster-klaster di BSD tentunya juga telah memenuhi ketentuan Standar Nasional Indonesia tentang perumahan yang tertuang dalam SNI 03-1733-2004. Ketentuan standarisasi perumahan ini antara lain menggaris-bawahi harus dipenuhinya tujuh kriteria pada sebuah perumahan yang baik yaitu keamanan, kesehatan, kenyamanan, keindahan, fleksibilitas, keterjangkauan jarak, dan lingkungan yang berjati diri.

Mengutip dari situs resmi BSD City, kawasan ini adalah sebuah kota yang dirancang bagi mereka yang tinggal, belajar, berkarya, dan menikmati hidup mereka di sini. Jargon yang digaungkan oleh Sinar Mas Group juga tepat; BSD memang sebuah kota besar dengan sejuta peluang. Anda pun dapat menjadikan kemeriahan BSD sebuah bagian hidup Anda dengan telah tersedianya banyak kemudahan untuk memiliki hunian di area ini. Dalam artikel ini kami sertakan rekomendasi-rekomendasi hunian di BSD yang, teriring dengan harapan agar Anda dapat segera menemukan rumah ideal di kawasan yang luar biasa ini.

Meskipun nama kawasan ini menggunakan kata Serpong namun sejatinya BSD dan Serpong tidak dapat disamakan. Serpong sendiri adalah sebuah kecamatan dengan luas wilayah sebesar 25,60 kilometer persegi yang mencakup sembilan kelurahan. Selain BSD di Kecamatan Serpong juga terdapat kawasan-kawasan hunian elit lainnya dan apabila Anda berkeingingan untuk tinggal di Serpong maka kami sarankan untuk meninjau juga laman rumah dijual di Alam Sutera pada situs kami.

Tinggalkan komentar