Ciri-ciri dan Konsep Rumah Gaya American Classic

Siapa yang ingin punya rumah gaya film-film western atau Hollywood? Rumah-rumah yang ada di film-film Amerika Serikat (AS) itu disebut rumah gaya American Classic. Sebelum itu, kamu perlu memahami, seperti apa ciri-ciri rumah dengan desain American Classic tersebut. 

Secara umum, konsep rumah gaya American Classic ini seperti anti tesis dari gaya minimalis maupun scandinavian. Jika, dua konsep rumah terakhir lebih minimalis, American Classic justru ingin menampilkan sebuah kemewahan. Meski, ada beberapa kemiripan dengan gaya minimalis dan scandinavian.

Ciri-ciri Konsep Rumah Gaya American Classic

Ada 5 ciri utama konsep rumah gaya American Classic yang wajib kita ketahui sebelum merenovasi rumah dengan gaya tersebut.

1. Memiliki Konsep Bentuk Arsitektur Cape Cod

Arsitektur cape cod bisa dibilang bentuk rumah yang sering jadi hasil lukisan anak-anak waktu sekolah, yakni rumah kotak dengan atap segitiga, kemudian di bagian atapnya ada juga jalur cerobong asap. Ya, itulah arsitektur Cape Cod yang populer dalam konsep rumah gaya american classic style. 

Gaya rumah itu disebut konsep american classic karena sudah memang sangat populer di Negeri Paman Sam sejak abad ke-17. Konsep rumah itu muncul untuk menyesuaikan dengan kondisi iklim di Amerika. Meski begitu, gaya american classic ini sesungguhnya dibawa oleh para penjajah Inggris di tanah Amerika Utara tersebut.

2. Warna Dinding Rumah Netral Seperti Putih atau Pastel

Konsep rumah gaya american classic biasanya menggunakan warna dominasi putih untuk dinding rumah. Warna ini dipilih karena dianggap memberikan reflektor alami dari cahaya matahari. Ide warna putih ini tercetuskan karena musim panas di Amerika Serikat (AS) juga sangat terik.

Selain itu, warna putih disebut juga memberikan kesan yang menenangkan. Apalagi, warna putih menjadi simbol hal penting di AS, salah satunya gedung kepresidenan AS yang disebut White House atau gedung putih karena memang berwarna sama sesuai namanya. 

Namun, warna putih tidak mutlak harus menjadi syarat sebuah konsep rumah gaya american classic. Beberapa warna pilihan lainnya antara lain warna pastel, seperti krem.

Lihat Juga: Jual Rumah di Bekasi

3. Dekorasi Furniture Besar

Poin ini yang menjadi pembeda utama antara konsep rumah gaya american classic dengan minimalis sederhana maupun scandinavian. Konsep rumah american classic justru lebih menonjolkan perabotan mewah seperti furniture besar hingga lampu gantung yang besar. 

Konsep american classic style menggunakan dekorasi furniture ukuran besar untuk memberikan kesan mewah, terutama kepada tamu yang datang.

4. Jendela dan Pintu Besar

Bukan cuma furniturenya saja yang besar, ukuran jendela dan pintu rumah gaya american classic ini juga cenderung besar. Selain itu, rumah gaya american classic umumnya memiliki banyak jendela hingga 5-6 dengan ukuran yang besar. 

Tujuan utama rumah gaya american classic ini memiliki jendela dan pintu yang besar adalah untuk mempermudah sirkulasi udara dari dalam ke luar dan sebaliknya. Selain itu, gaya jendela besar ini muncul karena adanya sistem penghematan listrik dan cahaya di AS pada abad ke-19.

5. Material Rumah Menggunakan Bahan Alami

Seperti rumah gaya scandinavian, konsep rumah american classic juga mengedepankan penggunaan material yang alami seperti, batu bata untuk dinding hingga marmer atau kayu untuk lantai.

Dengan mengoptimalkan bahan alami ini, rumah gaya american classic menjadi terlihat lebih kokoh. 

Baca Juga: 12 Konsep Rumah Scandinavian yang Kamu Wajib Tahu

5 Jenis Konsep Rumah American Classic Style

Jika tadi kita membahas tentang ciri-ciri rumah american classic style, tapi kamu juga perlu tahu ada 5 jenis gaya rumah jenis tersebut lho.

1. Ranch House

rumah gaya american classic

Ranh house menjadi salah satu jenis rumah yang sering muncul di film Hollywood yang mengambil periode waktu 1932-1980-an. Di dunia nyata, konsep Ranch House ini sering muncul di daerah selatan dan barat AS. 

Konsep desain ranch house ini tampil dengan desain terbuka, garasi besar, penggunaan elemen kaca, dan halaman yang luas. Model atap juga berbentuk seperti gergaji yang miring di satu bangunan.

2. Richardson Romanesque

Konsep rumah Richardson Romanesque ini mulai dikenal oleh arsitek Henry Richardson pada 1870. Rumah gaya Richardsonian Romanesque tampil dengan eksterior material batu bata, bentuk asimetris dengan sisi khas romawi kuno, jendela melengkung, serta cerobong asap yang menghiasi atap rumah. 

Tipe rumah ini cukup populer pada periode 1880-1900-an. Desain ini disebut memberikan kesan kokoh dan unik sehingga akan terlihat lebih menonjol. 

Richardson membuat konsep rumah ini untuk mengadaptasi gaya romawi kuno dan menggabungkannya dengan pengaruh abad pertengahan sehingga hasilnya sebuah desain indah yang terasa abadi.

3. Gaya Colonial Revival

Gaya arsitektur rumah jenis ini disebut mirip dengan bangunan rumah saat Amerika masih menjadi koloni dan dijajah. Ciri-ciri khasnya antara lain, tembok merah, bangunan simetris, pintu besar di bagian tengah, dan jendela berderet dengan ukuran besar, serta cerobong asap.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, desain rumah Colonial Revival ini mulai dikombinasikan dengan desain lainnya. Seperti, pada 1900-an ada yang mengawinkan gaya kolonial dengan desain era Victoria yang penuh dengan hiasan. Padahal, rumah gaya kolonoial cenderung sederhana, tapi menjadi dihias terlihat mewah. 

Meski, popularitas desain rumah colonial revival ini mulai menurun setelah perdang dunia II pada 1945. Namun, rumah colonial revival ini adalah salah satu desain yang mampu bertahan lama selama beberapa dekade.

4. American Contemporary House

american contemporary house

Gaya rumah contemporary ini memiliki eksterior yang cukup mengesankan. Salah satunya adalah kombinasi atap jenis segitiga dengan atap datar membuat desain rumah ini terkesan lebih modern. 

Lalu, sesuai dengan karakter rumah American Classic yang menggunakan banyak jendela dan tebruka, desain American Contemporary House ini membuat perpaduan antara jenis klasik dengan modern. 

Sebenarnya, konsep American Contemporary House ini sederhana, tapi memiliki garis geometris yang kuat. Arsitektur jenis ini mulai banyak digunakan pasca perang dan menjadi dasar lahirnya banyak ide modern dalam desain bangunan di Negeri Paman Sam.

5. Rumah Klasik Modern

Rumah Klasik Modern ini menjadi salah satu konsep rumah american classic yang paling sering digunakan di Indonesia. 

Ciri khasnya memiliki jendela yang besar, material bersi dan ornamennya membuat rumah ini terlihat minimalis, tapi mewah. 

Adapun, tipe rumah ini sering menggunakan warna netral seperti abu-abu maupun putih. Ditambah, adanya material besi yang sering digunakan untuk railing teras yang mengesankan aura kemewahan.

Jadi, apakah konsep rumah gaya american classic style menjadi salah satu favoritmu?

Lihat Juga: Jual Rumah di Depok

Tinggalkan komentar